Persiapan Perkawinan; Harapan Terhadap Pasangan
12 Oct 2013

Persiapan Perkawinan; Harapan Terhadap Pasangan

Terus terang perkawinan adalah sekumpulan harapan. Selain kumpulan harapan mempelai wanita dan pria, juga setumpuk harapan keluarga kedua belah pihak. Sebaiknya Anda mengetahui harapan sang calon suami supaya Anda bisa menempatkan diri sebagaimana mestinya. Demikian pula sebaliknya.

Dalam sebuah penelitian tentang rubrik jodoh di sebuah surat kabar terkemuka di Indonesia, setidaknya ditemukan tujuh harapan besar dari wanita dan pria terhadapa pasangannya sebelum menempuh jenjang perkawinan. Mereka ini adalah pria dan wanita yang berasal dari etnis Jawa, Cina, Sunda, Minang, dan Batak. Berikut 7 harapan tersebut:

1. Harapan akan Kesetiaan.

Setidaknya ada 38% pria yang mengharapkan pasangannya setia dan 42% wanita yang mengharapkan calon suaminya setia. Ini menunjukkan bahwa wanita menempatkan kesetiaan lebih tinggi dibanding pria. Namun demikian bisa disimpulkan bahwa pria dan wanita sama-sama mengharapkan pasangannya menjaga kesetiaan dalam perkawinan.

2. Harapan akan Kejujuran

Ada 33% pria mengharapkan calon istrinya bersikap jujur dan 48% wanita berharap calon suaminya memiliki kejujuran. Bersikap jujur kepada pasangan merupakan hal penting dalam rumah tangga. Kejujuran akan menumbuhkan rasa saling percaya dan menepis segenap prasangka. Begitu salah satu dari pasangan berlaku tidak jujur, butuh waktu cukup lama untuk menetralisir sampai tumbuh kembali rasa saling percaya antara suami-istri.

3. Harapan akan Pengertian

Dalam hal pengertian, harapan wanita akan calon suami yang pengertian (25%) dibanding harapan suami akan calon istri yang pengertian 23% relatif hampir sama. Ini menunjukkan bahwa, baik pria maupun wanita sama-sama membutuhkan pengertian dari pasangannya.

4. Harapan akan Sayang

Wanita dan pria memasuki gerbang perkawinan tentu saja untuk saling sayang serta menyayangi. Pria yang mengharapkan calon istri yang penyayang 22% dan wanita yang mengharapkan calon suami yang penyayang 33%.

5. Harapan akan Periang

Pria yang mengharapkan calon istri yang periang 12% dan wanita yang mengharapkan calon suami yang periang 11%. Ini menunjukan bahwa baik pria maupun wanita, sama-sama mengharapkan keriangan dalam rumah tangga. Bisa dimengerti karena rumah tangga yang riang tentu akan membuat kehidupan perkawinan akan menyenangkan.

6. Harapan akan Tanggung Jawab

Dari keseluruhan harapan pria dan wanita terhadap pasangannya, harapan akan tanggung jawab ini benar-benar mencolok. Pria yang mengharapkan calon pasangan bertanggung jawab ada 10% dan wanita yang mengharapkan calon pasangannya adalah pria bertanggung jawab ada 68%.

Sungguh, ini sebuah pertanda khusus, aspek tanggung jawab merupakan poin penting yang harus diperhatikan wanita dalam memilih calon suami. Unsur tanggung jawab ini barangkali dikaitkan dengan keberadaan suami sebagai kepala keluarga dalam rumah tangga. Tapi tentu saja ini buka berarti kelannggengan sebuah rumah tangga hanya menjadi tanggung jawab suami. Kedua pihak, istri dan suami, sebenarnya sama-sama bertanggung jawab atas keutuhan perkawinan.

7. Harapan akan Keramahan

Bagi pria, keramahan seorang istri memegang peranan penting, baik keramahan di rumah maupun keramahan di luar rumah. Orang yang ramah cenderung lebih bisa diterima di banyak lingkungan pergaulan. Apalagi bila kita mengingat bahwa di tradisi kita perkawinan bukan hanya menyangkut sepasang pria dan wanita tapi menyangkut dua keluarga besar. Agar hubungan kedua keluarga besar ini berjalan harmonis, diperlukan sikap yang ramah dari istri dan suami sebagai perekat hubungan kedua keluarga.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Naning - Perias Pengantin